Monday, April 20, 2015

PERANGKAT DAN ALAT MULTIMEDIA

Perangkat dan Alat multimedia 

Alat multimedia saat ini tidak hanya menggunakan komputer saja. Alat
komunikasi  seperti HP pun sudah menjadi sebuah perangkat multimedia yang
semakin canggih. Dengan menggunakan HP yang terbaru kita bisa menggunakan
fasilitas teleconference, menonton TV, mengakses internet dan berbagai fasilitas
wireless (koneksi tanpa kabel) lainnya.
Selain HP atau ponsel, kamera  digital saat ini juga sudah berfungsi sebagai
perangkat multimedia yang dapat menyajikan suara, teks, animasi walaupun
belum dapat mengakses internet.
Secara umum, perangkat multimedia dikelompokkan menjadi dua, yaitu
perangkat keras dan perangkat lunak.Hardware yang diperlukan untuk komputer
multimedia tergantung kepada pilihan pribadi, anggaran biaya, jenis material dan
isi dari proyek multimedia.

1)  PERANGKAT KERAS MULTIMEDIA
Perangkat keras  yang dibutuhkan untuk  multimedia  dapat dikelompokkan
menjadi lima,  yaitu perangkat konektor, input, output, penyimpan dan
perangkat komunikasi

a)  Perangkat konektor
Diantara beberapa perangkat komputer, monitor, hardisk, video proyektor,
speaker dan perangkat-perangkat lain, terdapat terdapat kabel-kabel yang
menghubungkan. Kecepatan transfer data perangkat konektor yang
digunakan akan menentukan kecepatan pengiriman content multimedia.
Beberapa perangkat konektor yang biasa digunakan adalah :

  •   Small computer system interface (SCSI)

SCSI merupakan perangkat standar untuk penghubung secara fisik
dan pertukaran data antara komputer dan peripheral. Standar SCSI
mendefinisikan perintah, protokol, serta antarmuka elektrik dan
optic. SCSI biasa digunakan untuk hard disk.

  •   Media control interface (MCI)

MCI merupakan perpanjangan dari API untuk mengendalikan
peripheral multimedia yang terhubung dengan computer. MCI terdiri
dari empat bagian, yaitu AVI video, CD audio, sequencer dan wave
audio.


  •   Intergrated drive electronic (IDE)

Antarmuka IDE merupakan standard untuk media penyimpan yang
terhubung ke komputer.


  •   Universal serial bus (USB)

USB merupakan standard bus serial untuk menghubungkan
beberapa perangkat. USB di desain untuk memungkinkan berbagai
peripheral terhubung menggunakan sebuah soket antarmuka
standard dan memiliki kemampuan plug and play, artinya perangkat
dapat dipasang dan  dilepas tanpa harus mematikan komputer
terlebih dahulu.


  •  High-definition multimedia interface (HDMI)

HDMI adalah sebuah standard koneksi digital yang dirancang untuk
menampilkan gambar dan suara resolusi tinggi. Kelebihannya
adalah, kabel HDMI dapat menampilkan gambar Full-HD, Surround
Sound, control signal, bahkan data Ethernet, hanya dengan satu
kabel.

b)  Perangkat input
Perangkat input adalah perangkat yang  berfungsi untuk mentransformasi
informasi dari dunia luar untuk diolah oleh komputer. Perangkat input
biasanya dikendalikan secara langsung oleh pengguna. Beberapa
perangkat input tersebut antara lain :

  •   Keyboard
  •  Perangkat pointing (mouse, touchpad, touchscreen, trackball, lightpen)


  •   Perangkat input gambar dan video (scanner, webcam)
  •  Perangkat input audio (microphone)


c)  Perangkat output
Perangkat output adalah perangkat yang digunakan untuk
mengkomunikasikan hasil pengolahan data dari komputer kepada
pengguna.  Perangkat output antara lain speaker, amplifier, monitor,
proyektor, printer.

d)  Perangkat penyimpan
Perangkat penyimpan adalah perangkat untuk merekam atau menyimpan
informasi (data). Perangkat penyimpan dapat digunakan untuk menahan
maupun memproses data.  Beberapa perangkat penyimpan tersebut
antara lain :


  •  Random access memory (RAM)

RAM merupakan memori utama yang  digunakan untuk inisialisasi
sistem operasi dan juga program aplikasi. RAM bersifat volatile dan
setiap program yang diakhiri/ditutup maka akan dihapus dari RAM.
Semakin besar kapasitas RAM, semakin cepat waktu pemrosesan.


  • Read only memory (ROM)

ROM bersifat  non-volatile. ROM biasa digunakan pada komputer
untuk menyimpan program BIOS yang digunakan untuk inisialisasi
booting komputer. Pada printer, ROM digunakan untuk menyimpan
font.


  •   Hardisk

Hardisk merupakan perangkat penyimpan untuk data  biner yang
mudah dibaca oleh komputer.


  •  Compact disk (CD)

CD  adalah sebuah media penyimpanan yang berbentuk piringan.
Atau disebut juga optik pada generasi pertama yang menggantikan
disket (floppy disc) pada waktu itu karena CD memiliki kapasitas
penyimpanan yang lebih besar dengan harga yang sama. CD
banyak digunakan untuk membuat film dengan resolusi kecil atau
sebagai media transmisi software-software aplikasi.CD memiliki
kapasitas penyimpanan data 700 MB


  •  Digital versatile disk (DVD)

DVD adalah media penyimpanan optik yang populer. Penggunaan
utamanya untuk menyimpan video dan data. Sesuai dengan
namanya, ukuran fisik standarnya sama dengan CD (Compact
Disc), namun dengan kapasitas enam kali lipat dari CD.

e)  Perangkat komunikasi
Aplikasi multimedia dibuat  oleh sebuah tim yang terdiri dari beberapa
orang, yang bisa jadi bekerja dalam satu gedung, namun dapat pula
bekerja pada gedung yang berlainan dan berjauhan jaraknya. Sehingga
dibutuhkan perangkat komunikasi untuk saling menghubungkan mereka.
Perangkat komunikasi tersebut antara lain modem dan ISDN.

2)  Perangkat lunak multimedia
Perangkat lunak multimedia adalah komponen-komponen dalam  data
processing system, berupa program-program untuk mengontrol bekerjanya
sistem komputer multimedia. Perangkat lunak ini digolongkan menjadi tiga
bagian yaitu bahasa pemrograman multimedia, perangkat lunak sistem
multimedia dan perangkat lunak aplikasi multimedia.

o  Bahasa Pemrograman Multimedia
Bahasa pemrograman Multimedia adalah bahasa-bahasa yang
digunakan programmer untuk membuat aplikasi multimedia. Contohnya
Assembly, C, C++, Power Builder, Delphi, SQL, Visual Basic dan Java.

o  Perangkat Lunak Sistem (System Software)
Perangkat lunak ini terdiri dari  sistem operasi (Operating  System)
misalnya DOS (Disc Operating System), Windows 95/98/ME, Windows
NT/2000, Windows XP, Windows Vista, UNIX, Linux atau Mac OS.
Perangkat lunak lainnya adalah aplikasi utilitas (utility application) misalnya
aplikasi Antivirus.

o  Perangkat Lunak Aplikasi Multimedia
Perangkat lunak aplikasi multimedia merupakan aplikasi-aplikasi yang
dibuat oleh personal atau organisasi untuk user yang beroperasi dalam
bidang-bidang multimedia spesifik seperti grafik 2D, modeling dan
animasi.

a)  Perangkat Pengolah Teks
Aplikasi pengolah teks yang banyak digunakan misalnya Microsoft
Word, Word Star for Windows, Word Perfect dan Star Writer,
sedangkan beberapa aplikasi pengolah teks yang bersifat open source
misalnya Open Writer, KWriter dan Abi Word.

b)  Perangkat Lunak Pengolah Animasi dan Grafik 2D
Aplikasi pengolah grafik 2D dibagi menjadi dua bagian yaitu:
-  Grafik 2D Vector, misalnya Corel Draw, Macromedia Freehand
dan Adobe Illustrator.
-  Grafik 2D Image (Raster), misalnya Adobe Photoshop, Jasc Paint
Shop Pro, Gimp. Animasi, misalnya Macromedia Flash.

c)  Perangkat Lunak Pengolah Animasi dan Modeling Grafik 3D
Contoh dari perangkat lunak Animasi dan modeling Grafik 3D
adalah 3D Studio MAX, Maya, Softimage, LightWave, Blender dan
lain sebagainya.

d)  Perangkat Lunak Authoring Multimedia
Authoring merupakan aplikasi komputer yang memberikan
peluang kepada pengguna untuk mengembangkan sebuah perangkat
lunak dengan  dragging dan dropping berbagai objek multimedia tanpa
harus mengetahui penggunaan dan pemahaman bahasa
pemrograman, misalnya Macromedia Authoring, sedangkan aplikasi
authoring yang dilengkapi dengan pemrograman misalnya Macromedia
Director dengan dilengkapi Lingo (Bahasa pemrograman).
Jenis perangkat ini dibagi menjadi tiga kategori yaitu authoring
berbasis halaman, authoring berbasis icon dan authoring berbasis
waktu.
Authoring berbasis halaman merupakan authoring yang bekerja
berbasis halaman atau buku dengan mengorganisasi elemen-elemen
dalam halaman atau buku tersebut. Contoh dari aplikasi ini adalah
HyperCard dan ToolBook Assistant.
Authoring berbasis icon menggunakan konsep flowchart
untuk membuat aliran elemen-elemen multimedia yang dihubungkan
bersama atau secara sendiri-sendiri yang secara khusus menampilkan
diagram alir aktivitas sepanjang jalur percabangan, contohnya
adalah Microsoft Power Point dan Macromedia Authorware.
Authoring berbasis waktu merupakan pengembangan paket
multimedia sebagai pengorganisasian objek sepanjang lini waktu.
Frame yang diorganisasikan secara berurut kemudian ditampilkan
kembali kepada pengguna. Contoh aplikasi yang menggunakan cara
ini adalah Macromedia Director.
Authoring DVD adalah  aplikasi yang digunakan untuk
menampilkan menu interaktif movie, contohnya adalah Pinnacle
Impression, Sonic ReelDVD dan Ulead DVD Workshop.

e)  Perangkat Lunak Aplikasi Berbasis Web
Contoh produk-produk mendesain web antara lain adalah Macromedia
Flash yang digunakan untuk  membuat animasi grafis pada web,
Macromedia Dreamweaver dan Microsoft Front Page

No comments:

Post a Comment